TUGAS MAKALAH
SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN (SIM)
“SALES ORDER”
OLEH :
M. FAJRUL FALAKH
2011210432
KELAS :
B
Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat
TUHAN YANG MAHA ESA yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya
sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah Sistem Informasi Manajemen ini
tepat pada waktunya yang berjudul “Proses Oracle”.
Terima kasih kami tuturkan kepada Dosen
Sistem Informasi Manajemen (SIM), yang telah memberikan kami tugas ini sehingga
dapat menambah pengetahuan kami mengenai bagaimana melakukan proses penjualan
karena adanya permintaan dari pihak luar. Sebelum melakukan proses penjualan,
sebaiknya dilakukan proses melihat posisi stok barang di gudang. Kami menyadari
bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran
dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan
makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.
Semoga TUHAN YANG MAHA ESA senantiasa memberkahi segala usaha kita. Amin.
Surabaya,
31 Maret 2014
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG
Oracle adalah basis data relasional yang
terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDMS
(Relation Data Base Management System). Perusahaan perangkat lunak Oracle
memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa
berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (Platform).
Basis
data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed
Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories
(SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi
Oracle Corporation sampai sekarang. Oracle Corporation (NASDAQ:ORCL) adalah
salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database
management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat
lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat
lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977.
Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007. Markasnya berada
di Redwood City, California.
Keseluruhan
dari Oracle Aplikasi adalah Oracle Corporation's E-Business Suite
("EBSuite" atau "EBS") terdiri dari kumpulan perencanaan
sumber daya perusahaan (ERP), customer relationship management (CRM), dan
supply chain management (SCM) baik aplikasi komputer yang dikembangkan oleh
atau diakuisisi oleh Oracle. Perangkat lunak Oracle menggunakan Oracle inti
sistem manajemen database relasional teknologi. E-Business Suite (sekarang
update versi: 12, dirilis 31 Januari 2007), berisi beberapa lini produk,
sebagai berikut:
• Oracle CRM (Siebel)
• Oracle Financials
(Siebel Analytics)
• Oracle HRMS
(PeopleSoft)
• Oracle Mobile Supply
Shain Applications
• Oracle Order
Management
• Oracle Project
Portfolio Management
• Oracle Quotes
• Oracle Transportation
Management
• Oracle Warehouse
Management Systems
RUMUSAN
MASALAH
1.
Bagaimana melakukan proses penjualan
TUJUAN
1.
Mengetahui bagaimana melakukan proses
penjualan
MANFAAT
1.
Bagi si pembaca, dapat mengetahui, Bagaimana
melakukan proses penjualan
2.
Bagi penulis, dapat menyelesaikan
tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen
(SIM) dengan tepat waktu, dan dapat berbagi pengalaman dengan si pembaca tanpa
mengurangi sedikit pun isi dari materi yang dijelaskan dalam pembuatan makalah
ini.
BAB
II
PEMBAHASAN
Langkah
untuk melakukan sales order baru
1. Dari
navigator oracle, pilih menu order management super user, vision operations
(USA)
2. Arahkan
ke sub menu order return = klik sales orders = muncul jendela sales order
(NEW):
-
Pilih salah satu customer yang sudah
pernah dibuat sebelumnya, kemudian klik tombol OK.
-
Pilih salah satu order types, yaitu :
order only, kemudian klik tombol OK.
3. Pindahkan
tab isian ke line item
4. Klik
tombol Book Order = akan muncul jendela pemberitahuan status order penjualan.
5. Klik
tombol continue = akan kembali ke jendela sales order, dan akan muncul nomor
order penjualan.
6. Catatlah
order number
7. Close
(klik silang) untuk menutup proses sales order (SO)
Catatan :
Proses
SO dapat juga dilakukan dengan memelihara menu Quick Sales Order dengan cara
sebagai berikut :
1. Dari
Navigator oracle, pilih menu order management super user, vision operations
(USA)
2. Arahkan
ke sub menu order return = klik quick sales orders =muncul jendela sales order
(NEW)
3. Langkah-langkah
dan proses pengisian datanya sama dengan diatas.
MELIHAT HASIL PROSES SO
Proses ini digunakan
untuk melakukan melihat proses SO yang telah dilakukan.
Langkah-langkah
sebagai berikut :
1. Dari
navigator oracle, pilih menu order management super user, vision operations
(USA)
2. Arahkan
ke sub menu order return = klik order organizer = muncul jendela Find Orders
3. Isikan
nomor So yang pernah dibuat sebelumnya = klik tombol find = akan muncul jendela
informasi SO yang pernah dibuat.
4. Close
(klik silang) untuk mengakhiri.
Catatan
:
Proses melihat SO dapat
juga dilakukan dengan melihat menu quick order organizer dengan cara sebagai
berikut :
1. Dari
navigator oracle, pilih menu order management super user, vision operations
(USA)
2. Arahkan
ke sub menu order return = klik quick order organizer = muncul jendela find
order/quotes sbg berikut :
3. Proses
berikutnya adalah sama dengan cara pertama
BAB
III
PENUTUP
DAFTAR
PUSTAKA
1. MochamadNurhadi,
ModulSistemInformasiManajemen:
Order Management dengan Oracle Academy, STIE Perbanas Surabaya,
Surabaya, 2010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar