Selasa, 01 April 2014

MAKALAH SIM



TUGAS MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)
logo-perbanas - Copy






OLEH :
M. FAJRUL FALAKH
2011210432
KELAS :
B


Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas
Surabaya
2014

KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat TUHAN YANG MAHA ESA yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah Sistem Informasi Manajemen ini tepat pada waktunya yang berjudul “Proses Oracle”.
Terima kasih kami tuturkan kepada Dosen Sistem Informasi Manajemen (SIM), yang telah memberikan kami tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan kami mengenai proses oracle, mulai dari membuka aplikasi oracle, pengenalan menu-menu oracle dan cara mensattingnya, seperti menu sub inventory, menu sub material, menu sub customer, menu sub supplier. Sehingga pembaca dapat mengerti  dan memahami apa pengertian dari aplikasi oracle, macam-macam menu, dan cara mensattingnya. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga TUHAN YANG MAHA ESA senantiasa memberkahi segala usaha kita. Amin.

           
                                                                                                                                                    



                                                                                                             Surabaya, 31 Maret 2014


                                                                                                                Penyusun
DAFTAR ISI





BAB 1

PENDAHULUAN


A.                LATAR BELAKANG

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDMS (Relation Data Base Management System). Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (Platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. Oracle Corporation (NASDAQ:ORCL) adalah salah satu perusahaan utama pengembang sistem manajemen basis data (database management system), perangkat lunak untuk mengembangkan basis data, perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan perangkat lunak manajemen rantai pasok. Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan ini mempekerjakan 68.236 pekerja pada tahun 2007. Markasnya berada di Redwood City, California.
Keseluruhan dari Oracle Aplikasi adalah Oracle Corporation's E-Business Suite ("EBSuite" atau "EBS") terdiri dari kumpulan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), customer relationship management (CRM), dan supply chain management (SCM) baik aplikasi komputer yang dikembangkan oleh atau diakuisisi oleh Oracle. Perangkat lunak Oracle menggunakan Oracle inti sistem manajemen database relasional teknologi. E-Business Suite (sekarang update versi: 12, dirilis 31 Januari 2007), berisi beberapa lini produk, sebagai berikut:
• Oracle CRM (Siebel)
• Oracle Financials (Siebel Analytics)
• Oracle HRMS (PeopleSoft)
• Oracle Mobile Supply Shain Applications
• Oracle Order Management
• Oracle Project Portfolio Management
• Oracle Quotes
• Oracle Transportation Management
• Oracle Warehouse Management Systems

B.               RUMUSAN MASALAH

1.      Apa pengertian dari aplikasi Oracle ?
2.      Apa macam-macam menu aplikasi oracle ?
3.      Bagaimana cara mensatting menu-menu oracle ?

C.               TUJUAN

1.      Memahami pengertian dari aplikasi Oracle.
2.      Mengetahui macam-macam menu aplikasi Oracle.
3.      Mengetahui bagaimana cara mensatting menu aplikasi Oracle.

D.               MANFAAT


1.      Bagi si pembaca, dapat mengetahui, memahami proses-proses menu oracle dan cara mensattingnya.
2.      Bagi penulis, dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dengan tepat waktu, dan dapat berbagi pengalaman dengan si pembaca tanpa mengurangi sedikit pun isi dari materi yang dijelaskan dalam pembuatan makalah ini.



BAB II

PEMBAHASAN


2.1             Seting Awal


Perusahaan yang digunakan dalam aplikasi ini adalah Vision Operation yang berdomisili di Amerika Serikat. Standar transaksi yang akan dibahas adalah standar transaksi di Amerika Serikat dengan menggunakan mata uang US$.
Cara Login
Program aplikasi Oracle Suite Business yang digunakan ini berasis web. Untuk mengakses software tersebut dapat menggunakan web browser yang umum digunakan seperti Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dls dengan Add-On software java. Oleh karena itu, saat pertama kali menggunakan aplikasi Oracle, besar kemungkinan akan dikonfirmasi ada/tidak java pada web browser yang digunakan. Apabila belum ada, maka akan muncul permintaan untuk instal software java tersebut.
Langkah untuk mengaktifkan aplikasi Oracle Suite Business adalah sebagai berikut:
1.    Buka web browser (disarankan Internet Explorer)
2.    Ketikkan alamat: http://oracle.yang sudah ada 􀃆 akan muncul portal oracle seperti gambar di bawah ini
3.    Masukkan User Name dan Password yang telah dikirim􀃆 klik tombol Login 􀃆 muncul menu
proses Oracle seperti gambar di bawah ini.
4.    Pilih salah satu menu yang ada di Navigator 􀃆 sub menu proses akan muncul disebelah kanannya (Personalize). Sebagai contoh akan dipilih proses menu Customer Support – Asset Maintenance 􀃆 muncul sub menu sebagai berikut:
5.    Apabila di-klik salah satu sub menunya, maka akan muncul jendela proses. Jendela proses ini bisa berupa web browser atau jendela proses dalam bentuk aplikasi Java sebagai berikut:
Perhatikan:
a. Judul dari jendela proses 􀃆 merupakan menu dari proses utama
b. Tab Functions 􀃆 merupakan kumpulan proses yang akan dijalankan dari
proses utamanya. Tanda [+] disebelah kiri menu proses 􀃆 berarti ada sub menu    proses.
c. Bagian sebelah kanan (Top Ten List) 􀃆 merupakan proses yang secara
    umum (sering) digunakan dalam urutan transaksi.

Cara Keluar Proses
Ada 3 jendela yang akan aktif setiap aplikasi Oracle dijalankan. Untuk keluar dari
proses Oracle disarankan untuk menutup semua aplikasi.
1.   Menutup aplikasi Oracle-Java dengan cara klik menu File – Exit atau klik tanda silang (Close) di pojok kanan atas 􀃆 muncul konfirmasi untuk keluar 􀃆 klik OK


2.     Menutup aplikasi Oracle-Web dengan cara meng-klik menu Logout atau klik tanda silang (Close) di pojok kanan atas.


 

3.      Menutup jendela Oracle Application R12 dengan cara meng-klik tanda silang (Close) di pojok kanan atas.


2.2             Persiapan Proses

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses order management di Oracle dapat berjalan dengan lancar, yaitu:
1. Setting Organization
2. Setting Subinventory
3. Setting Supplier
4. Setting Customer
5. Setting Material
            A. Setting Organization
Langkah-langkah untuk membuat organisasi baru. Yang dimaksud dengan organisasi adalah cabang dari perusahaan Vision Operation. Langkah-langkah untuk membuat organisasi baru adalah sebagai berikut:
1.      Dari Navigator Oracle, pilih menu Inventory, Vision Operation (USA)
2.      Arahkan ke sub menu Setup: Organization 􀃆 klik Organizations 􀃆 muncu jendela proses berbasis Java, yaitu jendela Find Organization.
a. Membuat baru 􀃆 klik tombol New (A)
b. Mencari gudang yang sudah pernah dibuat 􀃆 klik tombol Find (B)
            3. Klik tombol New (A) untuk membuat baru 􀃆 muncul jendela baru 􀃆 isikan data    gudang baru yang akan dibuat:
Name
ORG###
From
Default
Save
Klik toolbar save (gambar disket)
Organization Classifications:
Name
Enable

Inventory Organization
Dicontreng (√)
Save
Klik toolbar save (gambar disket)

3.     Klik tombol other 􀃆 muncul jendela pilihan 􀃆 pilih Accounting Information 􀃆 klik tombol OK 􀃆 muncul jendela isian baru





Primary Ledger
Vision Operations
Legal Entity
Vision Operations
Operating Unit
Vision Operations

Klik tombol OK

Selanjutnya klik tombol Others 􀃆 pilih Inventory Information

Klik tombol OK 􀃆 akan muncul jendela isian baru dengan beberapa tab isian:
a.     Tab Inventory Parameters




Organization Code
###
Item Master Organization
ORG###
Calender
Vision01
Move Order Timeout Action
Approve automatically
Location Control
None
b.    Tab Costing Information

Costing Method
Average
Transfer to GL
Yes
Material
01-000-2225-0000-000
Outside Processing
01-000-2225-0000-000
Material Overhead
01-000-2225-0000-000
Overhead
01-000-2225-0000-000
Resource
01-000-2225-0000-000
Expense
01-000-2225-0000-000

c.     Tab Revision, lot – isikan serial number dengan *123*




Starting Revision
1
Lot Control: Uniqueness
None
Lot Control: Generation
At item level
Serial Control: Uniqueness
Within inventory model and items
Serial Control: Generation
At organization level
Serial Control: Starting Serial Num
123

d.    Tab Other Account

Purchase Price Variance
01-000-5210-0000-000
Invoice Price Variance
01-000-5220-0000-000
Inventory AP Accrual
01-000-2225-0000-000
Sales
01-000-4505-0000-000
Cost of Goods Sold
01-410-5110-0000-000
Deferred COGS Account
01-000-2350-0000-000
Cost Variance Account
01-000-5315-0000-000

e.     Klik toolbar Save (gambar diskette) untuk mengakhiri isian Inventory
Information

4.     Selanjutnya klik tombol Others 􀃆 pilih Receiving Information

klik tombol OK 􀃆 muncul jendela isian baru dengan beberapa tab isian:


Receipt Days Early
1
Receipt Days Late
1
Over Receipt Tolerance (%)
10
Allow Unordered Receipts
dicontreng ()
Allow Express Transactions
dicontreng ()
Allow Cascade Transactions
dicontreng ()
Allow Cascade Transactions
dicontreng ()
Next Receipt Number
1
Receiving Inventory Account
01-000-1400-0000-000
Clearing Account
01-000-1250-0000-000

Klik tombol Save untuk menyimpan isian Receiving Information
Tutup proses 􀃆 kembali ke jendela Oracle Applications

B. Setting Subinventory
Proses ini digunakan untuk membuat gudang penyimpanan barang. Langkah-langkah untuk membuat organisasi baru adalah sebagai berikut:
1. Dari Navigator Oracle, pilih menu Inventory, Vision Operation (USA)
2. Arahkan ke sub menu Setup: Organization 􀃆 klik Subinventory 􀃆 muncul
jendela proses berbasis Java, yaitu jendela Find Organization.

Klik tombol New 􀃆 membuat gudang baru
Klik tombol Open 􀃆 untuk meng-edit gudang yang sudah ada sebelumnya

3.     Klik tombol New 􀃆 muncul jendela baru Subinventories (V1)

Name
(Kode Subinventory)
###
###
Description
(Nama gudang)
Gudang###

Save (klik tombol diskette)

C. Setting Human Resource
Langkah-langkah untuk membuat personil baru sebagai berikut:
1.     Dari Navigator Oracle, pilih menu Human Resource, Vision Enterprise
2.     Arahkan ke sub menu People 􀃆 klik Enter and Maintain 􀃆 muncul jendela
proses berbasis Java, yaitu: Find Person


a. Membuat baru 􀃆 klik tombol New
b. Mencari person yang sudah pernah dibuat 􀃆 klik tombol Find

3.     Klik tombol New untuk membuat baru 􀃆 muncul jendela baru 􀃆 isikan data
personil baru




Last
Nama saudara
Gender
Jenis kelamin saudara
Action
Create Employment
Person Type for Action
Buyer
Social Security
123456
Birth of Date
123456

4.     Lengkapi isian lainnya sesuai dengan data saudara
5.     Klik toolbar Save (gambar diskette) untuk menyimpan isian tersebut

D. Setting Supplier
Langkah-langkah untuk membuat pemasok baru sebagai berikut:
1.      Dari Navigator Oracle, pilih menu Payables, Vision Operation
2.      Arahkan ke sub menu Suppliers 􀃆 klik Entry 􀃆 muncul proses baru untuk
membuat atau mencari supplier

a. Untuk membuat supplier baru 􀃆 klik tombol Create Supplier
b. Untuk mencari supplier 􀃆 isikan Name / Number / ID 􀃆 klik tombol Go

3.      Klik tombol Create Supplier 􀃆 muncul proses baru untuk mengisikan data
supplier baru


Organization Name
SUPPLIER ###
Alias
S ###
Country of Origin
Indonesia

4.         Klik tombol Apply 􀃆 untuk menyimpan isian data supplier dan masuk ke isian
lebih detil. Input datanya sesuai urutan menu di sebelah kiri, klik menu Company
Profile 􀃆 klik Organization 􀃆 isikan datanya


Supplier Name
SUPPLIER ###
Catat Supplier Number

Catat Registry ID


5.         Klik menu Address Book 􀃆 klik tombol Create 􀃆 isikan datanya


County
Indonesia
Address Name
Jl. Nginden Semolo 34-36
Phone Area Code
031
Phone Number
5947151
Email Address
Nama email saudara
Address Purpose:
Purchasing
Payment

dicontreng (√)
dicontreng (√)

Klik tombol Continue

6.          Klik menu Contact Directory 􀃆 klik tombol Create 􀃆 isikan datanya

Last Name
Nama saudara
Email Address
Email saudara
Email Address
031
Phone Number
Nomor Telepon / HP saudara

E. Setting Customer
Langkah-langkah untuk membuat pelanggan baru sebagai berikut:
1. Dari Navigator Oracle, pilih menu Order Management Super User, Vision Operation (USA)
2. Arahkan ke sub menu Customers 􀃆 klik Standard 􀃆 muncul proses baru untuk
membuat atau mencari pelanggan baru. Pelanggan ini dibagi menjadi 2, yaitu level Organization atau Person.

a. Untuk membuat customer baru 􀃆 klik tombol Create
b. Untuk mencari customer 􀃆 isikan Name / Registry ID 􀃆 klik tombol Go

3. Tentukan Customer Type 􀃆 Organization (pelanggan korporasi) atau Person
(pelanggan perorangan) 􀃆 contoh: Organization
4.     Klik tombol Create 􀃆 muncul jendela proses 􀃆 isikan datanya
Untuk isian Customer Organization, isikan data berikut:
Organization Name
CUSTOMER ###
Alias
C ###

Untuk isian Account Information, biarkan isian dalam kondisi default

Untuk isian Account Site Address, isikan data berikut


Country
Indonesia
Address Line 1
Jl. Nginden Semolo 34-36
City
Surabaya


Untuk isian Account Site Detils, isikan data berikut:



Purpose:
Bill To
dicontreng ()
Klik tombol Add Another Row
Tambahkan Ship To & dicontreng ()

Catat Nomor Customer
dicontreng ()

5.     Klik tombol Save and Add Details 􀃆 untuk menyimpan isian customer
6.     Klik menu utama Home 􀃆 untuk kembali ke menu Navigator Oracle

F. Setting Item Material
Langkah-langkah untuk membuat material/barang baru sebagai berikut:
1. Dari Navigator Oracle, pilih menu Inventory, Vision Operation (USA)
2. Arahkan ke sub menu Items 􀃆 klik Master Item 􀃆 muncul jendela untuk memilih
Organizations.


3. Pilih V1 Vision Operations 􀃆 klik OK 􀃆 muncul jendela isian Master Item 􀃆
isikan datanya


Item
@ ###
Description
CPU CORE 2 DUO E7500
4. Aktifkan tab Inventory 􀃆 contreng () untuk Inventory Item.
Tab ini digunakan untuk memasukkan barang dalam gudang.


5. Aktifkan tab Costing 􀃆 contreng () untuk Costing Enabled, Inventory Asset
Value, Include in Rollup


6. Aktifkan tab Purchasing 􀃆 contreng () Purchased (Z) dan isikan List Price
(harga beli), Market Price (harga jual) dan Asset Category.
Tab ini disetting agar proses pembelian dapat dijalankan

.

List Price (harga beli)
200
Market Price (harga
pasar secara umum)
250

Klik Asset Category


Major Category
COMPUTER
Minor Category
PC

Klik tombol OK

7. Selanjutnya, lakukan setting terhadap Order Management dengan cara panah
kanan seperti gambar di bawah ini 􀃆 pilih Order Management.
Tab ini di-setting agar item material dapat dipakai untuk transaksi penjualan.


Akan muncul tab Order Management sebagai berikut:




8. Klik toolbar Save (gambar diskette) 􀃆 untuk menyimpan isian material
9. Close (klik silang) untuk keluar dari proses.



BAB III

PENUTUP


3.1       Kesimpulan


Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (Platform). Keseluruhan dari Oracle Aplikasi adalah Oracle Corporation's E-Business Suite ("EBSuite" atau "EBS") terdiri dari kumpulan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), customer relationship management (CRM), dan supply chain management (SCM) baik aplikasi komputer yang dikembangkan oleh atau diakuisisi oleh Oracle. Perangkat lunak Oracle menggunakan Oracle inti sistem manajemen database relasional teknologi. E-Business Suite (sekarang update versi: 12, dirilis 31 Januari 2007), berisi beberapa lini produk, sebagai berikut:
• Oracle CRM (Siebel)
• Oracle Financials (Siebel Analytics)
• Oracle HRMS (PeopleSoft)
• Oracle Mobile Supply Shain Applications
• Oracle Order Management
• Oracle Project Portfolio Management
• Oracle Quotes
• Oracle Transportation Management
• Oracle Warehouse Management Systems
Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses order management di Oracle dapat berjalan dengan lancar, yaitu:
1. Setting Organization, Yang dimaksud dengan organisasi adalah cabang dari   perusahaan Vision Operation.
2. Setting Subinventory, Proses ini digunakan untuk membuat gudang penyimpanan barang.
3. Setting Supplier
4. Setting Customer
5. Setting Material

3.2       Daftar Pustaka


1.      MochamadNurhadi, ModulSistemInformasiManajemen: Order Management dengan Oracle Academy, STIE Perbanas Surabaya, Surabaya, 2010







Tidak ada komentar:

Posting Komentar